FarmasiKu

Sabtu, 14 Februari 2009

Parasetamol Memperpanjang Flu

Parasetamol Memperpanjang Flu

Obat demam seperti aspirin dan parasetamol, bukannya mengurangi gejala flu, tapi bahkan memperpanjangnya, membuat kita lebih lama sembuh.

Flu seringkali disertai dengan demam, dan begitu sedikit demam, biasanya kita langsung ribut mencari obat. Obat apa pun, asalkan katanya dapat menurunkan demam langsung saja ditenggak. Apalagi bila dicampur dengan obat lain yang katanya bisa mengobati flu, sayang banget dech alau tidak diminum, rasanya tidak mungkin kita bisa sembuh.

Padahal menurut para peneliti di Baltimore, AS, orang yang mengkonsumsi obat demam mengalami sakit flu 3,5 hari lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi obat apapun.

Memang sih, biar bagaimana pun obat-obat demam tersebut biasanya akan mengurangi gejala flu lain, seperti badan meriang, otot ngilu dan banyak lagi deh. Karena itu, penderita biasanya langsung merasa setengah baik setelah minum obat. Makin besar dosis obat demamnya, semakin kurang rasa ngilunya. Flu yang berkepanjangan pun menjadi kurang begitu terasa. Pokoknya, begitu badan kembali tidak enak, minum obat lagi, begitu seterusnya.

Dalam penelitian ini, para sukarelawan disuntik dengan salah satu dari tiga bakteri atau virus penyebab penyakit. Bergantung pada gejala yang muncul, sebagian mereka diberi parasetamol atau aspirin, sementara yang lainnya tidak.

Ternyata, orang yang diberi obat demam malah menderita flu lebih lama. Untuk yang tidak minum obat demam, flu biasanya sembuh dalam waktu 5,3 hari (secara rata-rata), sedangkan yang minum obat, flu baru hilang setelah 8,8 hari. Jadi, sudah buang uang buat beli obat, sakit malah tambah panjang.

Kenapa hal ini bisa terjadi belum bisa dipastikan, tapi mungkin demam justru meningkatkan respon imunitas (daya tahan) tubuh kita terhadap infeksi tersebut. Tapi, anehnya hal ini juga belum terbukti pada penyakit lain.

Jadi, kalau anda menderita flu, jangan langsung minum obat. Mungkin hal tersebut lebih banyak bahayanya dari bermanfaat. Mendingan juga istirahat banyak-banyak, makan makanan bergizi seperti sup ayam hangat, minum air putih dalam jumlah cukup dan istirahatkan juga pikiran. Jangan terlalu memikirkan pekerjaan sampai stres, sebab stres sangat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Bila sakit berlanjut hubungi dokter anda.