FarmasiKu

Rabu, 18 Februari 2009

AMOXILIN

AMOXILIN

Amoxilin itu adalah nama dagang dari obat antibiotik golongan penisilin sub golongan amoksisilin, yaitu amoksisilin trihidrat. Obat golongan ini bekerja sebagai broad-spectrum (bisa untuk membunuh bakteri gram positif dan negatif), seperti salmonella, shigella dan lainnya (baca di buku mikrobiologi tentang jenis-jenis bakteri).

Obat ini berindikasi / mempunyai efek yang diharapkan untuk infeksi saluran pernafasan, saluran kemih dan kelamin. Juga infeksi salmonella dan shigella, infeksi kulit, luka selulitis, dan furunkulosis.

Setiap obat pasti punya efek samping, apalagi obat antibiotik seperti obat ini. Efek sampingnya antara lain gangguan usus (sistem pencernaan) dan gangguan kulit berupa rash / kemerahan. Walau sepertinya efek sampingnya tidak seberapa, tapi disarankan berhati-hatilah minum obat ini, karena obat ini adalah antibiotik dan bisa saja tubuh kita bereaksi negatif terhadapnya. Dan usahakan untuk menuntaskan minum obatnya seperti perintah dokter yang memberi obat ini, karena jika antibiotik tidak tuntas diminumnya, bakteri yang harus musnah tuntas malah jadi bereaksi kebal. Kalau itu terjadi, maka dibutuhkan antibiotik tingkat yang lebih tinggi untuk menggempur bakteri yang sama.

Dosis minum obat ini :
Untuk dewasa dan anak dengan berat badan 20 kg ke atas = 3 x sehari 250-500 mg.
Untuk bayi dan anak dengan berat badan di bawah 20 kg = 25-75 mg/kg berat badan perhari dibagi 3 kali pemberian.
Untuk gonorrhea akut = 2-3 g sebagai dosis tunggal.

Pemberian dosis ini juga harus tepat guna, karena kalau kurang, maka bakteri tidak akan tuntas dimusnahkan, Dan kalau kelebihan, pastinya bisa memberi reaksi negatif bagi tubuh. Namun, tidak perlu khawatir, para dokter tidak akan salah memberikan dosis ini, tapi kalaupun ada salah, para apoteker di apotik akan mengoreksinya bersama dokter yang memberikan, sehingga dosis jadi benar tepat guna.