FarmasiKu

Rabu, 18 Februari 2009

CTM

CTM

CTM atau Chlorpheniramin itu termasuk golongan obat antihistamin, sebagai obat anti alergi. CTM bekerja di Susunan Saraf Pusat. Ini memjelaskan kenapa CTM juga menimbulkan rasa kantuk yang kuat. Maka sangat tidak dianjurkan meminum obat ini jika kita hendak bepergian.

Obat ini termasuk obat keras, jadi pemakaiannya harus berhati-hati. Dan dianjurkan untuk mengunakannya hanya jika memang diperlukan. misalnya minum hanya 2 hari sekali. Perlu diketahui, bahwa sistem eliminasi obat tubuh manusia tidak sama untuk tiap orangnya. Jika sistem eliminasi obat tubuh anda lambat, obat / zat ini akan terakumulasi / menumpuk sedikit demi sedikit dalam organ tubuh dalam. Obat yang menumpuk ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ juga.

Alergi itu sebenarnya adalah reaksi tubuh kita terhadap zat / sesuatu yang asing dan berbahaya bagi tubuh kita. Menangani alergi tidak hanya selalu dengan obat. Kita perlu kaji kembali apa penyebab munculnya reaksi alergi ini, misalnya suatu makanan atau minuman. Jika mengetahui penyebab, kita bisa melakukan tindakan pencegahan (preventif), sehingga alergi tidak muncul lagi. Cobalah pola hidup sehat yang cocok dengan tubuh anda, olah raga teratur dan jaga kebersihan tubuh, rumah dan lingkungan sekitar anda dengan baik. Konsultasikan keadaan alergi anda ke dokter. Dokter akan mendiagnosa dengan tepat setelah melihat langsung keadaan anda.